Sepenggal Cerita Tentang Bullying

Seharian ini gegara nggak ada kegiatan, saya buka YouTube terus, nontonin kartun-kartun Jepang dubbing Indonesia, yang horor-horor, kejadian-kejadian caught on camera, yang jorok-jorok kayak liat calculus bridge removal, earwax removal (maapkan kebiasaan saya yang satu ini ya wankawan, penasaran soalnya), sampe akhirnya liat video tentang remaja yang ngalamin bullying di sekolahnya, terus dia bunuh diri karena nggak kuat ngadepin pressure tersebut (bunuh dirinya nggak di-video-in ya guys). Saya nangis kejer ngeliatnya. Soalnya saya juga pernah ngalamin yang namanya bullying. 

Kejadiannya pas SD, dimana itu adalah masa-masa kelam buat saya. Jadi, awal mulanya nih ya sebelum ke inti cerita. Saya adalah anak tunggal, alors, dari kecil saya diprotect banget sama Mamoz, emak saya. Saking di protect-nya, main sama tetangga aja agak dibatasi, dan lebih sering dirumah. Hal ini yang membuat saya mendambakan teman sebaya. Kesempatan itu datang ketika duduk di bangku SD, namun tak berlangsung lama, karena Papoz sering pindah-pindah kerjaan, otomatis sekeluarga juga ikut pindah. Jadi nggak ada temen yang saya inget di tahun pertama sekolah dasar, yang saya inget, Cawu I dan II (masih pake sistem Caturwulan saat itu) saya ada di Anyer, sedangkan Cawu III saya sudah hijrah ke Malang.

Taun kedua saya di Cipatat lumayan menyenangkan, saya bisa sedikit bergaul dengan temen-temen sekolah saya tanpa ada yang memusuhi, paling cuma karena rebutan cowok yang mayan kece dikelas hehehe. Namun, saat itu di keluarga lagi ada masalah, yang praktis membuat saya harus pindah sekolah ke Padalarang. Di SD di Padalarang tersebut, saya mulai kena bullying walau masih halus dan secara verbal. Saya sering dimusuhi, karena memang saya itu tingkahnya blangsak, kalo jaman dulu temen-temen bilangnya "kamu centil" untuk mendeskripsikan seseorang yang hyperactive.

Taun ketiga, lagi-lagi saya pindah, dan kali ini Banyuwangi-lah destinasi keluarga saya untuk berdomisili. di SD Inpres deket rumahlah saya bersekolah. Awalnya baik-baik saja, tidak ada masalah. Karena saya mulai nyaman dengan teman-teman, karakteristik saya yang hyperactive, cerewet dan blangsak ini keluar, dan itu yang malah membuat mereka jadi menjauh dari saya. Jadi praktis saya sendirian dikelas, karena rata-rata yang cewek-cewek yang jauhin saya pada bergerombol. Saya mulai malas sekolah, karena saya nggak punya temen buat ngobrol, buat main. Dikelas didiemin terus, mana enak coba? nilai-nilai jeblok parah disekolah itu karena sering bolos.

Taun keempat, masih di Banyuwangi. Tapi saya ingin pindah sekolah, nggak kuat dapet perlakuan kurang menyenangkan di sekolah. Kebetulan, saat saya ikutan les bahasa Inggris di tahun ketiga, saya punya banyak temen yang ternyata pada bersekolah di sekolah swasta bakal calon sekolah saya selanjutnya. Setelah pindah, dibulan-bulan pertama saya sangat ketinggalan, dan jadi bego banget, karena sistem ajarnya beda drastis, ditambah saya juga memang males belajar sih orangnya, hehehe. Awalnya temen satu les saya pada baik-baik. Nah, beberapa bulan kemudian, terungkaplah tabir suryanya, eh...tabiat aslinya. Temen satu les saya itu macem ketua geng, pengikutnya ada 7. Saya sering banget dapet verbal abuse, macem ngehina atau nyindir terang-terangan mah makanan saya sehari-hari. Kalo fisik sih lebih kayak ngemusuhin doang, atau lempar-lemparin isi tas saya, contohnya kotak pensil atau dompet, yang ngambilnya entah kapan, terus saya ngejar-ngejar biar dibalikin, dan dia lemparin itu barang saya ke temennya secara estafet. Saya mulai sering membual supaya dapat atensi dan bahan obrolan. Ada yang percaya dan ada yang lebih nindas saya lagi secara verbal. Wuoooow, disini lebih barbar rupanya. Tapi herannya, kalo diluar sekolah, ini orang-orang baiknya luar biasa sama saya. Jadi kayak love-hate relationship gitu deh. Untungnya di sekolah ini ada temen-temen yang bener-bener sejati dan tulus banget bergaul sama saya (sampe sekarang masih suka contact-contact, bahkan ketemu, yeaaaay!).

Tahun kelima, saya harus merelakan berpisah dengan 4 temen baik saya, karena pindah ke tanah Sunda. Detik-detik perjalanan saya dari Banyuwangi sampe Tanjungsari, Sumedang ini berasa kayak adegan Petualangan Sherina hehehe...cuma bedanya Sherina naik mobil pribadi, sedangkan saya naik truk barang. Yap, asli saya naik truk barang dari Banyuwangi sampe Tanjungsari, rela jarang mandi beberapa hari, padahal apeknya badan ini naudzubillah, dan sampe akrab banget sama kang supirnya hehehehe...
Dan saya inget banget, tiga hari yang akan datang itu, adalah hari anak-anak masuk sekolah. Saya dan Mamoz beli seragam di pasar, gegara seragam saya di sekolah swasta itu beda (pake celana panjang dan kemeja lengan panjang) dari sekolah negeri. Lantas hari Senin, pas hari pertama tahun ajaran baru itu, saya Mamoz dan Papoz baru daftar dan langsung masuk kelas, express banget. 
Di sekolah baru ini, saya jadi fresh meat banget. Bener-bener akrab dan ramah sama saya. Saya yang awalnya sempet sebel sama Papoz gegara pindah, jadi bersyukur. Finally, punya temen-temen baik yang saya dambakan dari orok pun terkabul.

Namun lagi-lagi, hal ini tidak berlangsung lama. Perlahan, saya mulai dijauhi (lagi) gegara (lagi-lagi) karakteristik saya yang "hyperactive" yang mereka ubah kata-katanya jadi "centil". Terus mulai menempel sama fresh meat yang baru. Lagi-lagi saya sendiri di kelas. Bahkan, ada beberapa yang dekat dengan saya malah bermuka dua. Kenapa saya tau mereka bermuka dua? Cewek-cewek dikelas punya semacem notes khusus yang isinya biodata, makes-mikes atau makfav-minfav gitu lho (generasi -90an pasti mengalaminya lah ya), dan setiap anak yang nulis disitu, di ending tulisannya, ada kalimat bernada satire, ironi, hiperbola, dan beberapa majas yang lainnya, yang ditujukan untuk saya. Ada beberapa yang saya inget kalimatnya sampe sekarang,
* "JANGAN KASIH LIAT KE SI ELLA."
*"JANGAN TEMENAN SAMA SI CENTIL ELLA."
*"SAHABAT : SEMUANYA KECUALI ELLA."
Dan ada beberapa yang include gambar-gambar kreatif dari mereka yang menyayat hati, seperti cewek bergerombol dan seorang yang misah terus diberi label nama saya diatasnya, uweeeeew..
Kalo ada kata-kata "Jangan kasih liat ke si Ella", lantas saya tau dari mana? Saya main ke salah satu rumah temen saya, dan menemukan notes yang lagi kebuka itu bergoler dengan santainya dilantai, saat temen saya itu lagi ngambilin minum, saya baca dan nemuin kata-kata itu...hmm...nyeeeeeesssss, kayak minum Adem Sari. Jadi semua orang yang baik itu ngomongin saya dibelakang? Pake notes ini? Wow. Mejik. Saya sembunyiin aja itu notes di celana (bener-bener didalam celana, karena saya lagi pake celana berpinggang karet, sya selipin disitu). Sampe rumah saya baca semuanya...nggak ada satupun yang nggak nggunjingin saya. Ya Allah cobaan hidup gini amat yak?

Taun keenam masih disekolah yang sama. Sekarang pada bikin geng sendiri-sendiri. Saya survivor sendiri as usual. Namun, karena ada satu geng yang awalnya udah fix, tetiba ada satu orang yang berkhianat (ya Allah Fa..bahasa lu) masuk geng lain, jadi saya masuk ke geng tersebut. Dan akhirnya, saya bisa bertahan, sampe selulusnya saya di sekolah tersebut. Mungkin karena masih SD, jadi masih labil, pola pikir masih stuck disitu-situ aja, dan rata-rata mau aja jadi follower seseorang yang niatnya kurang baik. "Jadi, temenan ya temenan aja, kalo ada salah di masa lalu ya maaf, jadi lupain aja, toh sekarang udah berteman" , kurang lebih kayak gitu pola pikirnya temen-temen saya kala itu (sotoy).

Alhamdulillah, di jenjang-jenjang akademik saya yang berikutnya, saya lebih bisa jaga sikap dan lebih hati-hati dalam memilah teman yang sekiranya bener-bener tulus buat saya, menerima karakter saya yang sedari jebrot ke dunia itu udah hyperactive, enerjik, cerewet, dan blangsak begini.

Kalo dendam sih, nggak. Cuma traumanya itu, ngebekas banget. Bayangin gimana rasanya harus masuk kelas setiap hari, tapi nggak ada seorang pun yang mau ngajak ngobrol, atau tau kalo seisi kelas itu nggak suka sama kita? Dengan perlakuan seperti itu saja sudah buat malas untuk sekolah, stress atau bikin mental terganggu, apalagi yang dapet kekerasan fisik? so, please... kalo kalian anak sekolahan, stop lah tindakan bullying. Ngerugiin orang yang dibully, dan juga diri sendiri. Di masa depan, bisa jadi keturunan penerus kalian mendapat karmanya (amit-amit jangan sampe ya). STOP BULLYING RIGHT NOW! 

Sekian dulu curhatan tak berbobot hari ini, lain kali kita sambung dengan cerbung yang belum selesai digarap dari taun 2013 sampe detik ini hehehe...

Au revoir :*  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PD Dan Narsisnya Aku

Wajah-wajah Himaper Unpad periode 2011-2012

Ceritera Tiga Puluh Bulan Kemudian... (Part 1)