Ceritera Tiga Puluh Bulan Kemudian... (Part 1)

Hello everybody, 
Long time no posting dan saya kangen banget nulis di lapak blog ini. Dilihat dari postingan saya terakhir itu lebaran 2 tahun lalu, dan sekarang udah lewat lebarannya. Ada beberapa point yang belum saya ceritakan semenjak post terakhir.

1. Dapat pekerjaan
    Setelah mellow-mellow di post "Secarik Memo Pengharapan", akhirnya saya dapat pekerjaan. Mungkin itu yang disebut miracle atau Kuasa Ilahi, karena dapat job itu dengan cara yang tidak terduga. Pake acara nangis-nangis, keringetan, deg-degan. Saya inget banget, hari Jumat tanggal 29 Juli 2016 saya interview, bareng 2 orang yang lain di Bandara Husein Sastranegara Bandung. Seumur-umur di tanah Sunda, itu kali pertama saya ke bandara. Saya temu janji dengan Bapak Riza Perdana Kusuma (dulu beliau menjabat sebagai Senior Manager Pre&Post Journey Service di Garuda Indonesia, sempat menjabat sebagai Direktur Operasional di Angkasa Pura Solusi) untuk di-interview sehabis sholat Jumat, dan saya berangkat dari rumah itu jam 08.30 WIB, dengan jarak tempuh 45 menit doang. Kebayang gabutnya kayak apa nunggu lama gitu. Ditambah saya nggak diberitau di interview dimana ruangannya, saya cuma diberitau lewat bapaknya pacar, hehehe...

Sampai akhirnya ketemu yang jemput, masuk ke dalam bandara yang ribet lah lepas-lepas segala atribut yang dipake, dan sampe di tempat interview. Ketika giliran saya yang disuruh masuk di ruangan kaca gitu, dan dengan tatapan dari Pak Riza dan Ibu Inne Haryati (Blue Sky management) yang bikin saya yakin kalau saya nggak bakal diterima, setelah di interview, saya dan 2 teman interview itu dengan noraknya foto-foto di bandara, dan saya bilang dengan pedenya kalau nggak bakal kita kesini lagi, jadi biarin aja norak. Dan, saya dipanggil lagi buat ketemu sama Manager. Waduh ada apa ya? Beliau bilang mau ngomongin kontrak kerja, salary dan benefit-benefit, sekalian ukur-ukur buat seragam. Ebusyed, saya disini menjabat sebagai apa saya nggak tau, tetiba ujug-ujug udah ngomongin kontrak aja, disuruh mulai besok lagi kerjanya. Namun, dag dug duaaar...Alhamdulillah, saya bekerja di Saphire Lounge Bandara Husein Sastranegara Bandung sebagai Supervisor. Yes, supervisor. Udah nggak kebayang deh, rasanya kayak apa. Saya, si ratu drama panggung yang notabene petakilan abis-abisan, ya dituntut tampil serius, sampe kalau ada temen yang mau ada flight terus ketemu sama saya, mereka bilang saya beda banget. Huaahahaha...

Bukan berarti saya bener-bener beda banget perangainya. Saya masih ijo banget. Saya sering banget dimarahin Assistant Manager karena keteledoran, ketidaktelitian, ke-petakil-an saya yang nggak mencerminkan banget seorang pemimpin, hehehehe... tiga bulan pertama saya nyaris tiap hari nangis, merasa nggak sanggup mengemban tugas segini berat, tanpa training. Pikir saya, kan saya baru kerja beneran baru kali ini, mbok ya dikasih arahan gitu ya dari management. Yang saya salut dari Asst. Manager yang akhirnya jadi Manager saya pada bulan ke-4 Saphire buka itu, saya ditempa ditegur terus-terusan itu biar mental saya kuat, tapi ya saya mah nggak sekuat itu, mau speak up aja walau nggak salah tetep aja geter-geter mau nangis (ah elah bocah), tapi beliau nggak bosen dan lelah. Sampai akhirnya dia diangkat kerja di APS Pusat, dan memutuskan resign, sekarang beliau kerja sebagai Manager di Kawasan Wisata Punclut. I'm very happy for him now, and grateful at the same time. Terimakasih banget ke Allah, saya sudah diperkenalkan sama mas Krisyandi Nugraha Pratama alias mas Kris, yang ternyata istrinya pernah tidak sengaja saya ajak kenalan lima tahun sebelumnya di salah satu acara di UPI (tengok post saya tahun 2011, "Culture's Day @ UPI"). 

Ketemu partner kerja yang asyik-asyik dan kental sekali kekeluargaannya. Dari team Service ada mas Rusdy Wardhana (sekarang udah kerja di APS Pusat) sebagai Supervisor Pria, Guest Service Agent-nya ada Maulida Nur Utami (sekarang kerja di Bank Mandiri), Tamara Anjani Utomo, Bianca Fagliuca Lidra Praja, Rangga Pratama Surya Manggala (sekarang kerja di ACE Hardware), Weddy Munandar Nasrudin (sekarang kerja di Kemenkumham), Raden Fahmy Fauzi Soeriaadiningrat (sekarang kerja lewat EO sendiri), Yosep Suratman (sekarang jadi Manager Saphire Bandung), Harun Nurdiana (sekarang jadi enterpreneur), sempat ada Farhan Maulana (sekarang kerja di Telkomsel), Asri Dena Fajriani (sekarang jadi preschool and kindergarten teacher), Sindy Setiawati (sekarang kerja jadi PTT), Yoga Setia Nugraha (sekarang jadi Supervisor), Sevtin Wahyu Pratama, Reyhan Risjad Novianddy (Sekarang bekerja di PT Elnusa Tbk.).

Team Kitchen dan Office juga asyik-asyik. Bener-bener kekeluargaannya kental banget terasa. Sampai nyaris dua taun kerja pun nggak kerasa. Yang kerasanya cuma kalo harus kebagian shift pagi, itu agak nyiksa sih awal mula masuk. Shift pagi yang dimaksud bukan layaknya pegawai kantoran yang normal kayak masuk jam 08.00 pagi, tapi jam 05.00 pagi saya udah harus buka lounge di Bandara Husein Sastranegara, yang berarti saya harus berangkat jam 03.45 pagi dari rumah, yang berarti pula saya harus bangun dan mandi jam 03.00 pagi. Dan jarak tempuh yang lumayan jauh (dari Cilengkrang (tengah-tengahnya Cibiru dan Ujungberung) ke Husein bikin agak-agak spooky sih kalo berangkat jam segituan. Tapiiii...benefitnya adalah kalo udah waktunya pulang, karena shift pagi itu pulangnya jam 14.00 siang, jadi bisa main-main dulu sebelum pulang kerumah. Biasanya saya jalan-jalan ngemall bareng Bia (Bianca), nyobain tempat kuliner yang baru bareng Tara (Tamara), atau nyambangi tempat kerjanya Dante di PVJ (sekarang Dantenya pindah kerja), atau A'Derry di Cultivar Cafe (A'Derry pun pindah kerja), terus biasanya kalo ada premierenya film Marvel kami pada nonton bareng. Kalo shift malemnya, kelarnya jam 20.00 malam, nyampe rumah biasanya jam 21.00an, kadang-kadang juga main lagi :D habis badannya sama main, pernah dalam sebulan saya sakit-sembuh-junteng-pulih nggak kunjung selesai dan periksa ke klinik dan cek tensi yang hasilnyaaaa...tekanan darah ada di 90/60, terus dimarahi sama dokternya XD

Namun pada April 2018, saya memutuskan untuk resign. Alasan mengapa saya resign akan dijelaskan nanti. Intinya, saya berterimakasih sama Allah, dapat pekerjaan yang menyenangkan, dengan partner kerja yang menyenangkan. Terus dengan segala cerita di setiap harinya, dimulai dari yang lupa bentuk bandara kayak gimana, sampai kenyang liatin pesawat take off saben hari, liatin passenger di luar lounge yang kalo complain gegara delay kadang terlalu ekspresif (bisa ngamuk, persuasifin seluruh penumpang biar ikutan demo, malah ada yang sampai bikin padus segala (sekalian aja bikin orkestra, Pak XD)),  banyak temu orang-orang penting dan artis, kadang ngobrol sampai dicurhatin sama pax di lounge, ngeliatin "dunia lain" via CCTV, dimodusin sama pax yang berusia tak lagi muda tapi jelas bangkotannya yang kadang-kadang bikin cranky, dikirimin buah 2kg + 4 kotak susu sama secret admirer yang jelas banget nampakinnya kalo lagi curi-curi pandang, kadang ikutan berisik dan ketawa-ketawaan (biasanya nyinyirin dan ngetawain yang airport outfitnya agak maksa) bareng anak-anak di resepsionis. Semua itu nggak bakalan saya lupain. Begitu pun dengan partner kerja yang udah seperti keluarga, yang Alhamdulillahnya sampai sekarang pun masih keep in touch, dan nggak akan ada yang bisa gantiin kalian beserta momen dan memorinya. LUV Y'ALL.

Formasi awal Saphire Lounge Bandung : Belakang, Ki-Ka : Rangga, Maulida, mas Krisyandi, Tamara, Yosep.
Bawah Ki-Ka : mas Rusdy, saya

Formasi kedua Service Team. Ki-Ka : Bia, Farhan, Dena, Harun, Sindy, Fahmy, saya, Rangga, Maulida, Weddy, Tamara.

Formasi ketiga Service Team. Atas : Bianca, Reyhan. Bawah : Tamara, Sevtin, saya, Yoga.
 

Lagi kumpul lengkap Service Team formasi 2.5 :D


Seragam Saphire Bandung, hasil berpikir bareng-bareng XD Minus Sevtin karena lagi off.


The Saphirincess :D

Ulangtaun Saphire Lounge Bandung yang pertama, bersama geng Kitchen.

BONUS KENARSISAN :

Setidaknya pernah masuk majalah huihihihi :D


Okaaaaaay, Part 1 rampung nih, Alhamdulillaaaah... cerita selanjutnya kita lanjutin di Part 2 yaaa, belum tau kapan ngepostnya, so stay tuned ya geeeeeees...




Love love,



RAPHAELLA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PD Dan Narsisnya Aku

Wajah-wajah Himaper Unpad periode 2011-2012